Sports Car Mungil Honda Small Can Be Fun

Honda kembali mencoba peruntungannya di kelas mobil sport yang kecil dan terjangkau dengan S660 terbaru. Kesenangan apa yang ditawarkannya?  Mobil sport berperforma menakjubkan tidak harus punya mesin, pelek maupun bodi besar, Honda ingin membuktikannya dengan menghadirkan S660 terbaru ini. Mobil sport berdimensi mungil ini dilengkapi mesin 3 silinder berkapasitas 660 cc turbocharger dan diletakkan di tengah sasis. Dengan paduan bahan aluminum dan baja membuatnya lebih kaku dari S2000 yang melegenda. Untuk melengkapi unsur fun, mobil ini menggunakan penggerak roda belakang.

Mesinnya menghasilkan hanya 63 dk, tapi mengingat beratnya hanya 830 kg, mesin ini dirasa sudah sangat cukup dengan beberapa pengembangan pada respons pedal gas dan geometri turbonya untuk menghasilkan akselerasi lebih cepat dan torsi lebih kuat. Transmisinya identik dengan S2000 yakni manual 6 percepatan terasa solid dengan perpindahan pendek yang membuatnya semakin menyenangkan.

Di kabinnya terlihat sempit tapi cukup nyaman dilengkapi setir kecil berdiameter 35 cm de ngan steering switch control yang sekilas mirip mobil produksi Honda lainnya. Bagian dasbor masih ter lihat murah dengan material plastik. Sebuah layar di tengah dasbor menyediakan informasi pengukuran G-force secara real time saat anda belok, berakselerasi dan mengerem.

Honda mempercayakan cengkraman aspal dengan penggunaan pelek berukuran 15 inci dibalut ban Yokohama Advan Neova yang dikembangkan khusus untuk mobil ini. Terdapat fitur Agile Handling Assist yang membantu saat bermanuver dengan mengaktifkan rem pada roda sisi dalamnya. Dari semua kelebihannya, justru kesenangan akan hilang saat melakukan oversteer karena fitur traction control tidak dapat dimatikan.

Selain itu soft top-nya harus dilipat secara manual dan dimasukkan ke bagasi sehingga sedikit mengurangi kapasitas bagasinya pada kap depan. Honda S660 ini dapat menjadi pesaing berat bagi Daihatsu Copen yang sudah dijual di Indonesia dan di Eropa diperkirakan ia dijual Rp 250 juta. Rumornya S660 terbaru juga akan tersedia dengan pilihan mesin 1.000 cc yang menghasilkan tenaga 127 dk, jelas akan menjadi pesaing bagi Mazda MX-5.

Hanifah Musaroh