Rival A-Class Dari Infniti

Setelah pertama kali muncul konsepnya pada 2013 lalu, Infiniti Q30 akhirnya siap menyapa publik pada Frankfurt Motor Show. Anda bisa lihat penampilannya. Penuh dengan garis dinamis dan sporti. Bahkan untuk ukuran hatchback yang cenderung beraliran progresif, kami mulai menilai kalau garis desain Q30 ini sangat berani. Terutama untuk ukuran mobil premium. Dibanding versi konsepnya, sangat sedikit perbedaan antara konsep dengan model produksi massal ini. Garis bodi mengkurva dan gril berukuran besar adalah bentuk yang serupa dengan konsepnya.

Namun memang Q30 ini memiliki lebih banyak aksen krom dan berbeda desain bumpernya. Oleh Infiniti ia diset untuk mengisi segmen hatchback premium. Di kelas ini telah bercokol Mercedes­Benz A­Class, BMW Seri­1 dan Audi A3. Tentu bukan jalan yang mudah bagi Q30 nantinya. Gambar yang dirilis resmi Infiniti ini adalah Q30 dengan varian 2.2d. Artinya varian yang diandalkan Infiniti terhadap Q30 nantinya adalah yang bermesin diesel. Ya setidaknya saat peluncuran.

Memenuhi takdirnya sebagai hatchback kompak, Q30 dibekali mesin berkapasitas kompak pula. Mesin 4 silinder turbo sangat masuk akal dan Infiniti menyediakan tak hanya diesel namun juga mesin peminum bensin. Seperti rivalnya Mercedes­Benz A­Class dan GLA yang merupakan hatchback-crossover berbagi platform, Q30 juga memiliki saudara satu platform yang tampil dalam format crossover, QX30.

Tentu QX30 punya tampilan lebih gagah dengan postur lebih tinggi dan berdaya menghadapi permukaan jalan kasar. Baik Q30 dan QX30 akan menjadi 2 model Infniti pertama yang diproduksi di pabrik Nissan di Sunderland, Inggris. Pabrik ini merupakan hasil dari investasi besar grup Nissan yang menggelontorkan 250 juta poundsterling untuk memproduksi Q30 dan QX30.

Hanifah Musaroh